Minggu, 27 November 2016

Design Pattern : Factory Method

DEFINISI

Factory Method Pattern merupakan salah satu jenis design pattern yang paling sering digunakan pada Java .Design pattern ini merupakan creational, artinnya pattern model ini menangani pembuatan sebuah object. definisi dari pattern factory method ini secara gampang nya adalah pola yang memungkinkan sebuah method menghasilkan retrun values yang sama walaupun inputnya berbeda , contoh kasus nya saat kita mempunyai dua koneksi database, misal Mysql dan Oracle..
dan untuk memilih database kita gunakan sebuah function yang menvalidasi pilihan kita, dan tentunya hasil dari validasi dari pemilihan tadi akan bertipe sama yaitu koneksi. Dan itu akan di jadikan sebagai nilai kembalian dari function validasi tadi.

Kita akan membuat sebuah bentuk interface dan class yang akan mengimplementaswikan shape interface itu sendiri . Sebuah facotry class "Shape Factory" didefinisikan untuk langkah berikutnya.
Sedikit penjelasan tentang diagram diatas , implementasi kali ini akan menggunakan "ShapeFactory" untuk mendapatkan "ShapeObject". Kemudian "ShapeObject" akan memberikan informasi tentang (CIRCLE / RECTANGLE / SQUARE) ke "ShapeFactory" untuk mendapatkan tipe objek yang dibutuhkan.

IMPLEMENTASI




Kita akan membuat sebuah bentuk interface dan class yang akan mengimplementaswikan shape interface itu sendiri . Sebuah facotry class "Shape Factory" didefinisikan untuk langkah berikutnya.

Sedikit penjelasan tentang diagram diatas , implementasi kali ini akan menggunakan "ShapeFactory" untuk mendapatkan "ShapeObject". Kemudian "ShapeObject" akan memberikan informasi tentang (CIRCLE / RECTANGLE / SQUARE) ke "ShapeFactory" untuk mendapatkan tipe objek yang dibutuhkan.

LANGKAH-LANGKAH

- STEP 1
Buat Sebuah Interface 
shape.java

- STEP 2
Buat konkret classes yang mengimplementasikan interface yang sama
circle.java
square.java
rectangle.java
- STEP 3
Buatlah sebuah factory.java yang digunakan untuk memanggil konkret class dengan informasi yang telah diberikan
shapefactory.java
- STEP 4

Gunakan "Factory.java" untuk mendapatkan objek dari konkret class dengan passing informasi.

factorypatterndemo.java


- STEP 5

Verfikasi hasil outputnya


CONTOH PENGGUNAAN

contoh penggunaan Factory Method Design Pattern adalah untuk "Menghitung Tagihan Listrik"

Program dapat dilihat di http://www.javatpoint.com/factory-method-design-pattern
dimana pada program tersebut "GenerateBill" class akan menggunakan "GetPlanFactory" untuk mendapatkan objek plan. Lalu "GetPlanFactory" akan menyalurkan informasi yang berisi (DOMESTICPLAN / COMMERCIALPLAN / INSTITUTIONALPLAN) ke "GetPlanFactory" untuk mendaoatkan tipe objek yang dibutuhkan.

REFERENSI

http://www.javatpoint.com/factory-method-design-pattern
https://www.tutorialspoint.com/design_pattern/factory_pattern.htm
http://calonpresident.blogspot.co.id/2013/04/pattern-factory-di-java-c-dan-php.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar