Minggu, 02 Oktober 2016

SWOT PT WINGS Group

     WINGS Corporation didirikan pada tahun 1948 di Surabaya, Indonesia. Selama lima puluh tahun terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil menjadi pemimpin pasar (market leader) yang mempekerjakan ribuan orang dengan pabrik-pabrik berlokasi di Jakarta dan Surabaya. Wings menghasilkan produk antara lain toilet sabun, bedak dan bar deterjen, floorcleaners, pelembut kain, dan pembalut untuk market di seluruh Indonesia dan sekitarnya. Sedangkan pabrik ketiga P.T. Lionindo Jaya dibangun di Jakarta bersama-sama dengan Lion Corporation Jepang untuk memproduksi merek seperti Emeron, Halaman Satu, Ciptadent, dan Mama. Produk mereka termasuk shampoo, shower gel, produk perawatan kulit, pasta gigi, dan mencuci piring cair. Setelah lima tahun, merek ini berhasil menangkap pangsa pasar yang signifikan di Indonesia.

Strengh
1. Memiliki produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau
2. Memiliki anak perusahaan yang khusus menangani pendistribusiaan produk
3. Produk yang tahan lama, kualitas dan kehandalan yang terjamin
4. Inovasi produk yang berkelanjutan
5. Memiliki daftar pelanggan yang tetap
Weakness
1. Tidak berpengalaman dalam pemasaran
2. Struktur biaya tinggi
3. Nama merek dan brand yang lemah
4. Produk yang mirip dengan produk kompetitor
5. Kesenjangan untuk sektor tertentu
Opportunity
1. Kebutuhan akan produk akan selalu ada
2. Tidak ada batasan usia dalam penggunaan produk
3. Segmen pasar yg baru dan pasar internasional
4. Pengembangan produk baru
5. Penghapusan hambatan perdagangan internasional
Threat
1. Pergeseran selera konsumen
2. Peratutan baru / diperkenalkannya pajak tambahan
3. Kompetitor mengeluarkan produk baru yang lebih inovatif
4. Persaingan harga dengan kompetitor
5. Munculnya produk pengganti

Matrik SWOT


Faktor Internal





           Faktor Eksternal
Strengths (Kekuatan)

Menciptakan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau

Weakness (Kelemahan)

Kemiripan antara packaging produk dengan produk saingan sedikit banyak mendapat kritikan




Opportunities (Peluang)

Teknologi yang modern yang mampu menciptakan produk-produk sesuai keinginan pelanggan

Strategi SO

Dengan Menciptakan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau menjadikan peluang bagi para pelanggan

Strategi WO

Meminimalkan biaya agar meningkatkan biaya produksi produk, sehingga dapat mencukupi peningkatan konsumsi dari produk

Threaths (Ancaman)

Adanya pendatang baru yang dapat menggerus produk ini di pasaran dan membuat pelanggan beralih.


Strategi ST

Memanfaatkan efisiensi SDM untuk memasarkan produk sehingga meminimalisir lingkungan bisnis yang semakin kompetitif

Strategi TW

Meningkatkan profitabilitas yang dapat meminimalisir pengeluaran biaya produksi yang semakin besar


Referensi
http://farrah007.blogspot.co.id/2014/07/analisa-pt-wings-group.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar