Minggu, 16 Oktober 2016

PT Wings Group

PT WINGS GROUP

 WINGS Corporation didirikan pada tahun 1948 di Surabaya, Indonesia. Selama lima puluh tahun terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil menjadi pemimpin pasar (market leader) yang mempekerjakan ribuan orang dengan pabrik-pabrik berlokasi di Jakarta dan Surabaya. Wings menghasilkan produk antara lain toilet sabun, bedak dan bar deterjen, floorcleaners, pelembut kain, dan pembalut untuk market di seluruh Indonesia dan sekitarnya. Sedangkan pabrik ketiga P.T. Lionindo Jaya dibangun di Jakarta bersama-sama dengan Lion Corporation Jepang untuk memproduksi merek seperti Emeron, Halaman Satu, Ciptadent, dan Mama. Produk mereka termasuk shampoo, shower gel, produk perawatan kulit, pasta gigi, dan mencuci piring cair. Setelah lima tahun, merek ini berhasil menangkap pangsa pasar yang signifikan di Indonesia

Struktur Organisasi


1. Direktur Utama
Mengarahkan kebijakan perusahaan sehingga , perusahaan tetap berada pada tujuan utama perusahaan tersebut dibentuk.

2. Asisten Direktur
Membantu tugas Dirut , untuk mengarahkan dan mengkoordinir perusahaan.

3. Direktur Bag. Non Food
Membantu tugas Dirut, terutama pada bidang non Food seperti : Bagian Sabun ,dll. 

4. Direktur Bag. Food
Membantu tugas Dirut, pada bidang makanan dan minuman seperti : Mie , Minuman , dll.

5. Manajer Produksi
Bertugas untuk mengkondisikan bagian produksi agar dapat memproduksi barang dengan cost (biaya) yang sekecil mungkin dengan kualitas yang tinggi. Sekaligus mengatur bagian produksi agar dapat tercipta efisiensi dalam tahap produksi.
Untuk bertanggung jawab dalam menjaga proses produksi untuk mencapai target produksi dengan tetap berkonsentrasi pada kualitas barang, peralatan, pemeliharaan, dan efesiensi penggunaan bahan baku.

6. Manajer Marketing
Bertugas untuk mengkondisikan bagian distribusi agar barang hasil produksi dapat tersebar ke berbagai daerah melalui distributor-distributor.
•         Mengidentifikasikan target pasar dan pesaing potensial, mengidentifikasikan kebutuhan pelanggan.
•         Pengembangan produk terintegrasi strategis untuk setiap merek dan menciptakan identifikasi merek.
•         Menganalisis tren pasar dan menyiapkan srategi pemasaran yang tepat untuk target pasar, menjual produk Wings.
•         Mampu mengembangkan dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan, membantu pelanggan dalan pemasaran produk.
•         Mengidentifikasaikan peluang usaha dan berkomunikasi kepada pelanggan.
•         Mengembangkan kerjasama dengan pelanggan sehingga dapat memperluas bisnis dan menghasilkan keuntungan maksimal baik kepada pelanggan dan perusahaan

7. Staf Produksi
Bertugas untuk menangani produksi barang secara langsung agar hasilnya dapat sesuai dengan keinginan manajer produksi.


8. Staf Bag. Pegawai
Bertugas untuk mengawasi dan memberi apresiasi kepada pegawai yang memiliki semangat tinggi dan memberi hukuman kepada pegawai yang melakukan pelanggaran.

9. Staf Penjualan
Bertugas untuk merencanakan sistem yang efisien untuk menjual barang hasil produksi.


10. Staf Promosi 
Bertugas untuk menggunakan budget promosi perusahaan agar produk dapat dikenal oleh masyarakat luas.

11. Staf Pemasaran
Bertugas untuk merencanakan produk baru yang sesuai dengan prediksi kebutuhan konsumen
di masa depan.

Visi dan Misi Perusahaan

    Visi Perusahaan
Berusaha untuk dapat memenuhi KEPUASAN PELANGGAN.
Sesuai dengan pengeritiannya, Visi ialah menggambarkan akan menjadi apa  suatu organisasi di masa depan. Ia bersifat sederhana, menumbuhkan rasa wajib, memberikan tantangan, praktis dan realistik, dan ditulis dalam satu kalimat pendek.Disini PT. Wings Food memiliki Visi “Berusaha untuk dapat memenuhi KEPUASAN PELANGGAN”. Dengan kalimat singkat dan sesuai dengan cita-cita Perusahaan ini ke depannya.

 Misi Perusahaan
Untuk mencapai Visi perusahaan, kami menerapkan policy dalam:
- Kualitas Produk
- Effisiensi Produksi
- Disiplin Waktu dan Konsistensi dalam Quality
Sedangkan pada Misimenjelaskan lingkup, maksud atau batas bisnis organisasi, yaitu kebutuhan pelanggan apa yang akan dipenuhi oleh organisasi, siapa dan di mana; serta produk inti apa yang dihasilkan, dengan teknologi inti dan kompetensi inti apa.

Standard Operating Procedure PT Wings Food
SOP Wings untuk marketing produk sbb


1.      Produk
Keputusan tentang produk ini mencakup penetuan bentuk penawaran secara fisik , merknya, pembungkus, garansi, dan servis sesudah penjualan.
2.      Harga
Factor yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga yaitu : biaya, keuntungan, praktek saingan, dan perubahan keinginan pasar.
3.      Distribusi
Aspek yang pokok berkaita dengan keputusan distribusi yaitu : system transportasi , system penyimpanan, pemilihan saluran distribusi.
4.      Promosi
Yang termasuk dalam kegiatan promosi adalah : periklanan, personall selling, promosi penjualan, dan publisitas.

Segmen pasar sebaiknya memenuhi kriteria berikut ini:
• Dapat diukur (measurable)
• Dapat diakses oleh saluran distribusi
• Memberikan respon yang berbeda terhadap marketing mix
• Bersifat stabil (tidak terlalu cepat berubah)
• Memiliki ukuran yang cukup besar supaya menguntungkan.
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya. 
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
  Cara-cara dalam memandang suatu pasar :
1. Static attribute segmentation. Cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama,dan pendidikan.
2. Dinamic attribute segmentation. Cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi meliputi lifestyle, kepribadian. Perilaku berupa sikap, penggunaan, dan respon pelanggan terhadap produk.


SUMBER
http://farrah007.blogspot.co.id/2014/07/analisa-pt-wings-group.html
http://bellafnd.blogspot.co.id/2013/10/brand-history-dan-produk-pt-sayap-mas.html
http://ayuntriyulanita.mhs.narotama.ac.id/2015/11/24/manajemen-pemasaran-tugas-struktur-organisasi-produksi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar