Minggu, 18 Desember 2016

EAS PPL - Currency Converter (Factory Method)

Perancangan Perangkat Lunak Menggunakan Design Pattern - Factory Method
CURRENCY CONVERTER

Disusun Oleh :

Evan Bangun ( 5114100169 )
Rizal Septiarakhman ( 5114100180 )
Saddhana Arta D ( 5114100191 )

DESKRIPSI

Currency Converter merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat merubah nilai tukar rupiah menjadi mata uang asing. Alur kerja currency converter sederhana yang kami buat adalah, pertama user akan dimintai inputan mata uang, dalam arti rupiah yang dimiliki akan diubah menjadi hasil input. Kedua user akan diminta seberapa besar nilai rupiah yang dimiliki. Setelah itu perangkat lunak Currency Converter akan merubah nilai tukar rupiah menjadi mata uang yang diinput.




PERANCANGAN dengan DESIGN PATTERN

Currency Converter sendiri dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Untuk Design Pattern yang digunakan menggunakan design pattern Factory Method.

Factory Method Pattern merupakan salah satu jenis design pattern yang paling sering digunakan pada Java .Design pattern ini merupakan creational, artinnya pattern model ini menangani pembuatan sebuah object. definisi dari pattern factory method ini secara gampang nya adalah pola yang memungkinkan sebuah method menghasilkan retrun values yang sama walaupun inputnya berbeda , contoh kasus nya saat kita mempunyai dua koneksi database, misal Mysql dan Oracle..
dan untuk memilih database kita gunakan sebuah function yang menvalidasi pilihan kita, dan tentunya hasil dari validasi dari pemilihan tadi akan bertipe sama yaitu koneksi. Dan itu akan di jadikan sebagai nilai kembalian dari function validasi tadi.

Berikut rancangan design patternnya dengan menggunakan factory method :



*NB : ( + .......... ) menandakan msh ada banyak jenis mata uang lain.


PROTOTYPE IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI


1. Buat abstak class yang menampung perhitungan nilai tukar rupiah ke mata uang asing.


2. Buat konkret class yang berisi ekspansi dari abstrak class yang menampung nilai tukar tiap mata uang.

 

 


dst.....

3. Buat class getplanfactory untuk memunculkan objek dari konkret class berdasarkan input yang diminta


4. Buat class GenerateBill yang mempergunakan GetPlanFactory untuk mendapatkan objek dari konkret class dengan memparsing input seperti : Yuan / Euro / Yen. Ini Merupakan Bagian Main dari code.


5. Contoh Hasil Output




REFERENSI

http://fajarbaskoro.blogspot.co.id/2016/11/desain-pattern.html
http://fx-rate.net/IDR/
http://www.javatpoint.com/factory-method-design-pattern
https://www.tutorialspoint.com/design_pattern/factory_pattern.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar