Sabtu, 24 September 2016

Use Case Diagram for ATM

Use Case Diagram ATM

              Use Case Diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use case, dan interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem. Use case diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi hanya memberi gambaran singkat hubungan antara usecase, aktor, dan sistem.Didalam use case ini akan diketahui fungsi - fungsi apa saja yang berada pada sistem yang dibuat.

            Pada contoh kali ini, saya mengambil Sistem ATM dikarenakan penggunaan ATM pada era modern ini sudah menjadi hal yang sangat umum dan banyak digunakan karena kepraktisannya.

            Berikut adalah Use Case Diagram ATM secara lengkap




Pada Use Case diatas terdapat 3 aktor yang berperan penting, yakni :
1. Customer (User/Pengguna ATM)
2. Technician (Teknisi/Admin)
3. Bank (Client)

Untuk proses yang terjadi pada sistem diatas, terbagi menjadi 2 yakni:
1. Proses Customer



Dalam proses ini , customer dapat mengecek saldo , mendeposito uang mereka , mengambil uang mereka , dan juga mentransfer sebagian dana yang mereka miliki kepada pihak tertentu. Dan setiap kali user melakukan proses transaksi apapun , customer akan ditanyakan password mereka untuk autentikasi identitas sehingga dana yang mereka miliki aman. Adapula sebuah fitur lain , yaitu menu “bantuan” apabila tombol “help” ditekan , maka akan keluar menu tambahan yaitu menu “bantuan” .

2. Proses Technician



            Dalam proses ini, Technician terbagi menjadi 2 tugas. Untuk “maintenance” itu meliputi 3 hal , yang pertama adalah “replenishing” yaitu memasukkan kembali ke ATM berupa uang , tinta , ataupun kertas. Yang kedua adalah “Upgrades” yaitu meningkatkan kualitas antara software ataupun hardware. Yang ketiga “Diagnostics” yaitu mengecheck apakah ada suatu kesalahan baik itu teknis ataupun lainnya . Untuk tugas berikutnya adalah repair , repair hanya meliputi “diagnostics”.

Reference :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar